Inilah Tiga Ratu Penguasa Lautan di Nusantara.Bukan hanya Nyi Roro Kidul

Kode Iklan 336x280
Kode Iklan In Artikel
HPK taruh disini
Kisah Nyi Roro Kidul sebagai pengausa lautan pantai selatan sudah menyebar seantero nusantara. NyI Roro Kidul menjadi penguasa lautan selatan dari Sumatra sampai ke Jawa. Cerita asal usul Nyi Roro Kidul juga banyak versi namun semuanya menunjukan betapa berpengaruhnya Nyi Roro Kidul dalam kehidupan gaib di tanah Jawa. Sebenarnya tidak hanya Nyi Roro Kidul yang menguasai lautan di nusantara ada beberapa pengausa lainnya dalam artikel ini akan dibahas tiga ratu yang juga menguasai lautan di nusantara.

  1. Ratu Junjung Buih
Ratu Junjung Buih dipercaya sebagai penguasa gaib di Selat Karimata. Selat yang memisahkan Kalimatan dengan Sumatra ini menjadi daerah kekuasaan dari Ratu Junjung Buih. Dalam kisah perjalanan hidupnya sosok Ratu Junjung Buih merupakan seorang putri yang lahir dari hasil permintaan melalui tapa brata. Berawal dari keinginan dari Raja dari kerajaan Amutai ( Dipa) untuk memiliki anak perempuan. Sang raja yang bernama Ngabehi Hiller ini sebenarnya sudah mempunyai dua anak namun keduannya laki-laki. Kedua anak itu tumbuh besar dan mulai menggantikan Ngabehi menjadi raja. Besarnya kedua putra tersebut membuat kehidupan Ngabehi Hiller semakin kesepian dan semakin menambah keinginannya untuk dapat mempunyai anak terutama anak perempuan hingga akhirnya Ngabehi melakukan tapa dan diberi anak yang kemudian diberi nama Junjung Buih. Keanehan banyi ini dimulai dari awal penemuannya dimana Ngabehi bertapa dan melihat banyi yang terapung dilautan kemudian diambilnya. Banyi ini tidak menangis namun sudah bisa bicara. Bayi sakti ini meminta kepada Ngabehi untuk datang kembali dengan membawa 40 wanita dan juga selimut baru bayi tersebut mau dibawa pulang. Bayi inilah yang besarnya menjadi penguasa di selat Karimata. Dikutip dari anehdidunia.com.
2. Dewi Lanjar

Dewi Lanjar dipercaya dahuunya merupakan abdi atau prajurit dari Nyi Roro Kidul namun kemudian memilih untuk mendirikan kerajaan gaib sendiri di laut utara tepatnya di Pekalongan. Dewi Lanjar tidak kembali ke Laut Selatan karena malu tidak bisa mewujudkan keinginan sang ratu pantai selatan untuk menangkan pendekar sakti yang berada dipekalongan dimana pemuda tersebut mendalami ilmu ngalong dengan bertapa bergelantungan terbalik. Dewi Lanjar juga dikenal sakti dan juga membantu masyarakat yang sesat pikirannya untuk menjadi kaya dengan jalan mengorbanan atau tumbal. Dikutip dari grid.id.
3. Nyi Rantamsari



Nyi Rantamsari merupakan pengausa laut di laut utara Jawa tepatnya di Tegal dan Brebes dan juga sampai ke Cirebon. Seperti halnya Dewi Lanjar, Sosok Rantamsari juga sangat terkenal di Tegal dan juga menjadi tempat orang yang pikirannya tersesat untuk mencari pesugihan. Dipercaya bahwa sosok Nyi Rantamsari suka akan menari hal ini pula yang dianggap dalam sintren bahwa Rantamsari sering merasuki penari saat pertunjukan Sintren. Dikutip dari nasionalisme.co.
Itulah pengausa gaib di lautan nusantara selain Nyi Roro Kidul. Kepercayaan masyarakat akan pengausaan laut oleh gaib sudah ada sejak zaman dahulu dan sampai sekarang masih dipercaya bahkan tidak sedikit yang masih memuja pengausa laut tersebut dengan tujuan masing-masing.



baca sumber





Kode Iklan 300x250
close
== [ Close ]==