Tanda Kelebihan Gula, Bisa Lagi Menuju Diabetes

Kode Iklan 336x280
Kode Iklan In Artikel
HPK taruh disini
Menurut American Diabetes Association, sebelum seseorang divonis diabetes, mereka mengalami fase prediabetes. Yaitu kadar gula darah yang sudah melebihi batas normal tapi belum masuk kategori diabetes.
Lewat tes gula darah puasa, kadar gula darah normal berkisar < 100 mg/dL. Sementara itu untuk prediabetes berada pada angka 100 - 125 mg/dL dan diabetes > 125 mg/dL



Jika penderita prediabetes tidak mengubah gaya hidupnya menjadi sehat, maka akan berlanjut ke diabetes tipe 2. Tapi dengan pola hidup sehat maka meski sudah berada dalam fase prediabetes, seseorang bisa normal kembali dan terhindar dari diabetes.
Melansir republika.co.id (19/06/19), menurut Brooke Alpert MS RD CDN, pendiri B-Nutritious ada beberapa gejala yang bisa diamati ketika kadar gula seseorang sudah melebihi batas normal.
1. Sering lemas



Menurut Alpert, orang yang mengonsumsi gula berlebih menyebabkan kondisi energinya naik turun atau tidak stabil. Akibatnya ia sering lemas atau kehilangan energi.
2. Timbul jerawat



Kelebihan gula dalam tubuh menyebabkan produksi insulin meningkat. Hal ini bisa menggangu hormon sehingga timbul jerawat. Jadi gak cuma makanan berlemak aja yang bisa menyebabkan wajah jerawatan. Makanan atau minuman manis ternyata ngaruh juga.
3. Ketagihan gula



Terbiasa konsumsi gula berlebih juga bisa menyebabkan tubuh jadi ketagihan gula. Menurut Alpert, gula bisa menyebabkan ‘kecanduan’. Selain itu, gula berlebih bisa menyebabkan indera perasa ‘kebal’. Semakin lama kamu akan butuh dosis gula yang semakin tinggi untuk mendapatkan rasa puas.
Jadi kalau kamu akhir-akhir sering banget beli minuman atau makanan manis, jangan-jangan karena memang tubuh sudah kecanduan gula.
4. Berat badan bertambah


Kondisi ini bisa jadi alarm yang sangat jelas bahwa sudah saatnya memangkas asupan gula. Gula tidak bisa memuaskan nafsu makan. Akibatnya tubuh jadi ingin makan yang banyak supaya bisa ‘kenyang’.
Jika kondisi kelebihan gula ini dibiarkan, produksi insulin akan terus meningkat. Lama-lama tubuh akan kehilangan sensitivitas insulin dan menyebabkan diabetes.
5. Mood berubah-ubah


Hati-hati jika kamu tidak sedang PMS tapi mood kok jadi gampang banget berubah. Sebentar senang, gak lama tiba-tiba pengen nangis. Bisa jadi karena kadar gula. Sugar crush bisa menyebabkan perubahan suasana hati.
Konsumsi gula berlebih juga rentan depresi. Hal ini diketahui lewat penelitian yang dipublikasi dalam The JAMA Network pada 2015. Gula bisa menyebabkan inflamasi atau peradangan otak. Dan terbukti orang yang depresi tingkat inflamasinya lebih tinggi 30 persen.



baca sumber


Kode Iklan 300x250
close
== [ Close ]==